• 0271-853839
  • pmb@unisri.ac.id

III. PROSEDUR PENDAFTARAN JALUR NON BEASISWA / REGULER

  1. Alur Pendaftaran :
    a. Pendaftar membawa berkas persyaratan datang ke kantor penerimaan mahasiswa baru (PMB) atau meng-upload berkas persyaratan jika pendaftaran dilakukan secara online.
    b. Pendaftar mengisi form yang telah disediakan di laman http://spmb.unisri.ac.id
    c. Setelah semua isian terisi dan dipastikan benar, klik tombol Submit.
    d. Setelah submit, pendaftar akan meperoleh username dan password, sekaligus virtual account untuk pembayaran pendaftaran.
    e. Dengan menggunakan username dan password, pendaftar bisa melengkapi biodata dalam form pendaftaran, serta menyerahkan/meng-upload berkas-berkas persyaratan pendaftaran.
    f. Pendaftar melakukan pembayaran ke BNI sesuai tagihan virtual account, sebesar Rp. 300.000,00. (jika yang bersangkutan melakukan pendaftaran di kampus, pembayaran bisa dilakukan di BNI Payment Point di kampus II / belakang, jika yang bersangkutan melakukan pendaftaran secara online, maka biaya pendaftaran bisa dibayarkan di seluruh kantor BNI di Indonesia).
    g. Setelah melakukan pembayaran pendaftaran, calon mahasiswa baru melakukan ujian tertulis secara online. Dalam hal ujian tertulis secara online, pendaftar diberi waktu/kesempatan sebanyak 2 kali ujian. Jika setelah dua kali ujian ternyata masih gagal, calon mahasiswa baru tersebut harus melakukan pendaftaran ulang dan mengikuti ujian lagi.
    h. Hasil ujian akan dapat langsung diketahui pada hari saat pendaftar melakukan ujian, sekaligus akan mendapatkan virtual account biaya pendidikan. Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendidikan sesuai tagihan virtual account-nya masing-masing.
    i. Pendaftar melakukan Her-registrasi dengan menyerahkan persyaratan-ppersyaratan yang ditentukan. Pada saat her-registrasi, di samping membawa fotocopy berkas-berkas, juga wajib membawa berkas aslinya (Ijasah SMA/SMK dan sederajat/Surat Keterangan Lulus, Akta Kelahiran, KTP, KK, pas Photo dll).
    j. Calon mahasiswa baru mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa / NIM dan paket registrasi berupa Jaket Almamater, Kaos, Dasi.
  2. Jadwal dan Materi Ujian :
    Ujian tertulis dilaksanakan setiap hari pada semua gelombang pendaftaran dengan ketentuan sebagai berikut :
    a. Dilaksanakan setiap hari pukul 08.00 – 15.00 (pendaftaran maksimal pukul 14.00)
    b. Tempat : dilab. Komputer atau tempat lain yang ditunjuk.
    c. Materi soal terdiri dari 3 (tiga) kategori, yakni Logika, bahasa inggris dan numeric, yang masing-masing terdiri dari 80 item soal dengan waktu pengerjaan masing-masing 80 menit.
  3. Tatacara Ujian bagi pendaftar online :
    a. Setelah mendapatkan username dan password serta virtual account pembayaran, segera lakukan hal-hal sebagai berikut :
    1) Lengkapi biodata
    2) Upload berkas-berkas persyaratan
    3) Lakukan pembayaran ke BNI dengan menunjukkan virtual account yang sudah diberikan.
    b. Klik menu ujian, dan selesaikan semua kategori ujian pada waktu yang ditentukan.
    c. Pada saat Anda klik menu ujian, maka penghtiung waktu akan berjalan.
    d. Di akhir ujian, Anda dapat langsung mengetahui hasil ujian Anda, apakah diterima atau tidak.
    e. Jika diterima, Anda dapat langsung melakukan her-registrasi dengan menunjukkan hasil ujian Anda. Jika tidak diterima, Anda diberi kesempatan untuk mengulang ujian sekali lagi. Jika ternyata hasilnya gagal lagi atau tidak diterima, Anda harus melakukan pendaftaran ulang.