HomeForm PendaftaranLogin Akun SPMB ( Ujian Online )Hubungi Kami











© UPT P2PMB UNISRI 2017


FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berdiri pada tanggal 21 Juni 1980. Fakultas ini memiliki tiga Program Studi Strata-1, yaitu Program Studi Ilmu Administrasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, dan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional.

A. Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 005/BAN-PT/Ak-XIII/S1/VI/2010 Prodi ini dinyatakan terakreditasi dengan peringkat B. Berbagai prestasi telah diperoleh oleh Program Studi ini antara lain pernah memperoleh Hibah Semi Que dan Hibah Pekerti dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Peluang Kerja :
Lulusan dari Program Studi ini dapat bekerja di Instansi Pemerintah maupun swasta. Dapat pula bekerja sebagai Politisi, LSM, Wartawan, Analis Kebijakan Publik maupun sebagai peneliti.

Fasilitas :
Dalam rangka meningkatkan mutulayanan, proses pembelajaran, dan kualitas lulusan Program Studi ini memiliki berbagai fasilitas antara lain: Laboratorium Kebijakan Publik, Laboratorium Komputer, Laboratorium Visual, Perpustakaan maupun Laboratorium Multimedia.

B. Program Studi Ilmu Komunikasi
Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011, Program Studi ini dinyatakan terakreditasi dengan peringkat B. Prestasi yang diperoleh oleh Program Studi ini antara lain pernah memperoleh Hibah Semique dan Hibah Pekerti dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Lulusan dari Program Studi ini dapat bekerja sebagai wartawan, Praktisi PR, Penyiar, Presenter, Fotografer, Event Organiser, Biro Iklan, dan MC Profesional dll.


Guna memberikan jaminan terhadap mutu layanan, proses pembelajaran dan kualitas lulusan, di tingkat Program Studi telah dibentuk Unit Penjaminan Mutu. Selain itu berbagai fasilitas juga telah tersedia di Program Studi ini antara lain: Laboratorium Audio Visual, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Fotografer, TV Kampus, ASTV, Perpustakaan, Laboratorium Multimedia, dll.

C. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
Program Studi ini baru dibuka pada tahun 2008. Pembukaan Program Studi ini sebagai respon atas kebijakan pemerintah tentang otonomi daerah. Program ini sepenuhnya memperoleh dukungan operasional dari Departemen Luar Negeri RI, Kedutaan Besar Belanda dan Kedutaan Besar China untuk Indonesia. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 050/BAN-PT/Ak-XIV/S1/I/2012, Program Studi ini dinyatakan terakreditasi B

Peluang Kerja :
Lulusan dari Program Studi ini dapat bekerja sebagai Diplomat, Staff Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri. Dapat pula bekerja di Instansi pemerintah maupun swasta, Negosiator Bisnis dan Perdagangan, Wirausahawan berwawasan global, Akademisi, dan Analis Politik. Disamping tersedia perpustakaan yang memadai, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, dan Laboratorium Diplomasi, maka dalam memberikan jaminan terhadap mutu layanan proses pembelajaran dan kualitas lulusan, Program Studi ini telah membentuk Unit Penjaminan Mutu. Selain itu juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain Departemen Luar Negeri RI, Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia, Kedubes China untuk Indonesia, pemerintah Kota Surakarta, ASA Studio, Suara Merdeka, dan Solo Pos.

Perkuliahan
Prodi pada FISIP menerima mahasiswa baru kelas regular dari lulusan SLTA, dan mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain, baik yang belum maupun sudah bekerja. Perkuliahan bagi mahasiswa belum kerja masuk dalam kelas reguler mulai pukul 07.30 - 13.00.

Kurikulum
Kurikulum prodi pada FISIP menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan pembelajaran Student Center Learning, dengan sistem Satuan Kredit Semester (SKS). Beban SKS yang harus diselesaikan 144 - 160 SKS dengan lama studi 3.5 - 4 tahun

Contact Person :